Pemetaan KD Kelas IV Semester 1 dan 2
Kumpulan
KI ,KD dan Indikator
Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas
IV SD
NO
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
1
|
1
|
1.6. Meyakini keberadanya Rasul Allah SWT
|
1.6.1. Meyakini adanya Rasul-Rasul Allah
1.6.2. Menjelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah.
1.6.3.Mengenal Allah melalui para rasul-rasulNya.
|
2
|
1
|
1.5Meyakinikeberadaanmalaikat –malaikatAllah SWT
|
1.5.1
Menjelaskan Pengertian Beriman Kepada Malaikat Allah
1.5.2 Meyakini
keberadaan malaikat-malaikat Allah
1.5.3Menyebutkan
Nama-nama Malaikat Beserta Tugas-tugasnya
|
3
|
1
|
1.2 Menunaikan shalat
secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT
|
1.2.1 Mengerjakan shalat tepat waktu
1.2.2
mengerjakan sholat secara rutin
|
4
|
1
|
1.3 Menerapkan kebajikan
sebagai wujud dari pemahaman ibadah shalat
|
1.3.1
berbuat kebajikan terhadap semua makhluk
1.3.2 Merasakan hikmah shalat
|
5
|
1
|
1.4 Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi
dari pemahaman ibadahshalat
|
1.4.1 Mencegah perbuatan keji dean mungkar
|
NO
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
1
|
2
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman
surah at-Taubah (9).119.
|
2.1.1 Memilki sikap jujur disekolah dan di rumah
|
2
|
2
|
2.2 Memiliki
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua, dan guru dan sesama anggota
keluarga sebagai implementasi dari pemahaman surah Luqmān/31: 14.
|
2.2.1. Melaksanakan tentang cara menghormati guru
|
3
|
2
|
2.3 Memiliki
sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan dimasyarakat
sekitar sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Had³d/57: 9.
|
2.3.1 Menerapkan tentang cara menghargai teman dirumah ,di
sekolah dan dimasyarakat sekitar
|
4
|
2
|
2.6 Memiliki
sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi
Muhammad saw.
|
2.6.1 Melaksanakan sikap amanah yang contohkan
oleh Nabi Muhammad saw
|
SEMESTER 1
NO
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1
|
3.1. Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan
terhadap makhluk ciptaan-Nya disekitar rumah dan sekolah.
|
3.1.1 Menyebut
manfaat dari sifat-sifat Allah
3.1.1 Mengenal
Allah melalui ciptaanNya.
|
2
|
4.1
|
4.1
Melakukan pengamatan
terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal
Allah itu ada
|
4.1.1 Menuliskan hasil pengamatan terhadap makhluk ciptaan
Allah disekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada
|
3
|
3.2
|
3.2
Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya
dan alam sekitar
|
3.2.1
Menyebutkan
pengertian dan sifat malaikat
3.2.2
Menyebutkan
nama-nama malaikat dan tugasnya yang wajib diimani
3.2.3
Menyebutkan perilaku beriman kepada Malaikat dalam
kehidupan sehari-hari (kerja keras)
|
4
|
4.2
|
4.2
Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai
implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
|
4.2.1 Menuliskan hasil pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah
|
5
|
3.3
|
3.3
Mengerti makna Asmaul Husna : Al-Bashir,Al-Adl,Al-Azhim
|
3.3.1 Menyebutkan makna Asmaul Husna :
Al-Bashir,Al-Adl,Al-Azhim
|
6
|
4.3
|
4.3
Menunjukkan hafalan Q.S.Al-Falaq dengan lancar.
|
4.3.1 Menghafal surah Al-Falaq dengan baik dan benar
|
7
|
3.4
|
3.4 Memahami tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat islam
|
3.4.1 Menjelaskan arti bersih
3.4.2 Menjelaskan arti suci
3.4.3 Menyebutkan macam – macam hadats kecil
3.4.4 Menyebutkan macam – macam
hadats besar
3.4.5 Menyebutkan macam – macam
najis
3.4.6 Menjelaskan arti istinja’
3.4.7 Menyebutkan tata cara wudu
3.4.8 Menjelaskan pengertian
tayamum
3.4.9 Menyebutkan tata cara
tayamum
|
8
|
4.4
|
4.4 Mencontohkan
sikap santun dan menghargai teman, baik di
rumah,
sekolah, dan dimasyarakat sekitar.
3. Tujuan Pembelajaran
|
4.4.1 Mencontohkan sikap
menghargai teman di rumah, disekolah dan di masyarakat
|
9
|
3.6
|
3.6 Mengetahui kisah
teladan Nabi Ayyub a.s
|
3.6.1 Menjelaskan keteladanan Nabi Ayyub a.s
|
10
|
4.6.1
|
4.6.1
Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fiil dengan
tartil
4.6.2 Menulis kalimat-kalimat dalam
Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fiil dengan benar
4.6.3Menunjukkan hafalan
Q.S. Al Falaq, Al Ma‘un dan Al-Fiil dengan lancar.
|
4.6.1.1 Melafalkan Surat Al-Falaq dengan tartil
4.6.1.2
Mendemontrasikan bacaan Surat Al-Falaq
dengan tartil
4.6.2.1 Menulis penggalan surat Al-Falaq dengan benar.
4.6.2.2
Menulis surat Al- Falaq
dengan benar
4.6.3.1 Menghafal Surat Al-Falaq dengan lancar dan benar
4.6.3.2 Mendemontrasikan hafalan Surat Al-Falaq dengan lancar dan benar
|
11
|
3
|
3.7 Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
|
3.7.1 Menjelaskan arti santun dan menghargai
teman,baik dirumah, sekolah dan di masyarakat sekitar
|
12
|
4
|
4.7 Mencontohkan sikap santun dan menghargai
teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
|
4.7.1
Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di
masyarakat sekitar
|
13
|
3
|
3.15
Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw
|
3.15.1 Menjelaskan arti santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw
|
14
|
4
|
4.15 Mencontohkan sikap santun dan menghargai
sesama dari Nabi Muhammad saw
|
4.15.1 Mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw
|
SEMESTER 2
NO
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
1
|
3
|
3.5 Memahami
makna ibadah shalat
|
3.5.1 Menjelaskan keutamaan shalat
3.5.2 Menjelaskan makna bacaan shalat
|
2
|
4
|
4.5.1 Memberikan contoh-contoh makna ibadah shalat
4.5.2
Menceritakan pengalaman melaksanakan sholat di rumah dan di masjid lingkungan
sekitar rumah
|
4.5.1.1
Menyebutkan contoh-contoh gerakan dan bacaan shalat
4.5.2.1
Menceritakan pengalaman shalat di rumah dan di masjid
|
3
|
3
|
3.8 Mengetahui kisah
teladan Nabi Harun a.s
|
3.8.1 Menjelaskan keteladanan Nabi Harun a.s
|
4
|
4
|
4.8
Mencontohkan sikap rendah hati sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
3. Tujuan Pemb
|
4.8.1 Mencontohkan sikap rendah hati
|
5
|
3
|
3.9 Mengetahui kisah
teladan Nabi Musa a.s
|
3.9.1 Menjelaskan keteladanan Nabi Musa a.s
3.9.2 Menceritakan sifat penolong Nabi Musa a.s
3.9.3 Menceritakan saat Nabi Musa menghadapi Fir’aun
|
6
|
4
|
4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s
|
4.9.1 Menceritakan kembali kisah Nabi Ayyub a.s
4.9.2 Menyebutkan sikap terpuji yang dimiliki Nabi Ayyub a.s
|
7
|
3
|
3.10
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub
a.s.
|
3.10.1 Menjelaskan keteladanan Nabi Ayyub a.s
|
8
|
4
|
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s
|
4.10.1 Menceritakan kembali kisah Nabi Zulkifli a.s
|
9
|
3
|
3.11
Mengetahui kisah keteladanan Nabi
Dzulkifi a.s.
|
3.11.1 Menjelaskan keteladanan Nabi Zulkifli a.s
|
10
|
4
|
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Harun a.s
|
4.11.1 Menceritakan
kembali kisah Nabi Harun a.s
|
11
|
3
|
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
|
3.12.1 Menjelaskan keteladanan Nabi Harun a.s
|
12
|
4
|
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s
|
4.12.1 Menceritakan
kembali kisah Nabi Musa a.s
|
13
|
3
|
3.13
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Musa
a.s
|
3.13.1 Menjelaskan keteladanan Nabi Musa a.s
3.13.2 Menceritakan sifat penolong Nabi Musa a.s
3.13.3 Menceritakan saat Nabi Musa menghadapi Fir’aun
|
14
|
4
|
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s
|
4.13.1
Menceritakan kembali kisah Nabi Musa
a.s
|
15
|
4
|
4.6.1
Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan
tartil
6.4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fiil dengan benar
6.4.3Menunjukkan hafalan Q.S. Al
Falaq, Al Ma‘un dan Al-Fiil dengan lancar.
|
4.6.1.1 Melafalkan
surah al Ma’un dan al Fil dengan lancar dan pengucapan huruf yang tepat dan tartil.
4.6.2.1 Menyalin surah al Ma’un dan al Fiil dengan benar.
4.6.2.2 Menyambung penggalan ayat surah al Ma’un dan al Fiil dengan benar.
4.6.3.1 Menghafal surah
al Ma’un dan al Fiil dengan baik dan benar
4.6.3.2 Mendemonstrasikan hafalan
surah Al Maun dan Al-Fiil dengan benar
|
16
|
3
|
3.14
Mengetahui kisah keteladanan Wali Songo
|
3.14.1 Menjelaskan pengertian wali Allah
3.14.2 Memberi contoh perbuatan syirik
3.14.3 Menjelaskan keteladanan Wali Songo
|
17
|
4
|
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Wali Songo
|
4.14.1 Menceritakan keteladanan Wali Songo
|
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda