Jumat, 18 Desember 2015

Kumpulan KD dan Idikator Pendidikan Agama Islam Kur 2013 Kelas 2


NO
KD (KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR

1.1 Terbiasa berwudhu sebelum shalat
1.2 Menunaikan sholat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
1.3 Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah makan
1.4 Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.

1.1.1 Membiasakan  berwudhu sebelum shalat dengan benar

1.2.1 Melaksanakan sholat setiap hari sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
1.3.1 Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah makan
1.4.1 Menyebutkan   bukti kebesaran ciptaan Allah
         Swt. denganbenar.
1.4.2 Menyebutkan cara memanfaatkan ciptaan
         Allah Swtdenganbenar.
1.4.3 Menjelaskanbuktikebesaranciptaan Allah
         Swt. denganbenar.
1.4.4 Bersyukuratasmakhlukciptaan Allah Swt.
         yangMahaPenciptadenganbenar.
1.4.5 Membiasakanbersyukurataspemberian Allah
         Swt.denganbenar

2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga

2.1.1 Terbiasa hidup jujur dalam kehidupan sehari-hari


2.2.1.  menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua;dan guru.
2.2.2.menunjukkan perilaku hormat kepadasesama anggota keluarga.
1












3.1 Mengetahui huruf Hijaiyyah bersambung sesuai denganmakharijul huruf










3.1.1 mengenal huruf hijaiyah lepas dan bersambung sesuai  dengan  makhārijul huruf
3.1.2  menyebutkan huruf hijaiyah lepas dan bersambung sesuai  dengan  makhārijul huruf
3.1.3 mengidentifikasi huruf hijaiyah lepas dan bersambung sesuai  dengan  makhārijul huruf
3.1.4 menuliskan huruf hijaiyah lepas dan bersambung sesuai  dengan  makhārijul huruf
2

4.1 Melafalkan huruf Hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf

4.1.1 melafalkan huruf hijaiyah bersambung
sesuai dengan makharijul huruf dengan benar
3
3.6 Mengenal makna Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Ashr
3.6.1  Mengenal makna Q.S An-Nas dan Q.S Al-‘Ashar

4
4.6.1 Melafalkan Q.S. an-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas

4.6.1.1. Membunyikan Q.S. an-Nas dan Al’Ashr dengan benar dan jelas.

5
4.6.2 Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nas dan al-‘Ashr dengan benar dan jelas

4.6.2.1. Menulis Q.S. an-Nas dan al-‘Ashr dengan benar dan jelas
4.6.2.2. Menyebutkan hafalan Q.S. an –Nas dan al-‘Ashr dengan benar dan jelas

6
3.2 Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah

3.2.1         Mengenal sifat-sifat Allah. Swt
3.2.2         Menyebutkan benda-benda sebagai bukti Allah Swt Maha Suci
3.2.3         Menyebut contoh kasih sayang terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah

7
4.2 Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah SWT yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman kepada Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci


4.2.1   Menunjukkan  Iman kepada Allah Swt tentang Allah yang maha pengasih
4.2.2 menunjukkan Iman kepada Allah Swt tentang Allah Maha penyanyang.
4.2.3   Menunjukkan Iman Kepada Allah Swt tentang Allah Maha Suci

8
3.3 Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq

3.3.1 Menyebutkan Asmaul Husna, Al-Qudus, As-  Salam, Al-Kholiq

9
4.3 Melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya

4.3.1  Menyebutkan arti Asmaul Husna Al- Quddus,  As- Salam, Al Khaliq
4.3.2  Menjelaskan tentang makna Asmaul Husna Al-Quddus, As-salam dan Al Khaliq

10
3.4 Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu


3.4.1 Menyebutkan keterangan berdasarkan hadis tentang menuntut ilmu

11
4.4 Menunjukkan perilaku rajin menuntut ilmu

4.4.1 Menunjukkan perilaku rajin menuntut ilmu

12
3.5 Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat


3.5.1.    Menyebutkan hadis yang terkait        dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
3.5.2.  Menunjukan  perilaku hidup bersih          dan sehat.

13
4.5 Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan
4.5.1 Menceritakan perilaku hidup bersih yang sudah dilakukan sehari- hari
4.5.2. Mencontohkan perilaku hidup bersih
14
3.7 Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu

3.7.1. Membiasakan berwudu sebelum Salat dengan benar.
3.7.2. Menyebutkan syarat wudu dengan benar.
3.7.3  Menyebutkan rukun wudu dengan benar.
3.7.4  Menyebutkan sunah wudu dengan benar.
3.7.5  Menyebutkan hal yang membatalkan wudu dengan benar.
15
4.7 Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar

4.7.1 Membiasakan berwudu sebelum Salat dengan benar.
4.7.2 Melafalkan doa sebelum wudu dengan benar.
4.7.3. Melafalkan doa sesudah wudu dengan benar.
4.7.4. Membaca doa sebelum wudu dengan benar.
4.7.5. Membaca doa sesudah wudu dengan benar.
4.7.6. Mempraktikkan wudu dan doanya dengan tertib dan benar.

16
3.8 Mengenal tata cara șhalat danbacaannya

3.8.1  Menyebutkan urutan tatacara salat dan bacaannya

17
4.8 Mempraktikkan șhalat dengantata cara dan bacaan yang benar

4.8.1 Mampu mempraktikkan salat dengan bacaan dengan benar

18
3.9 Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan

3.9.1. Menyebutkan makna doa sebelum dan sesudah makan

19
4.9 Mempraktikkan doa sebelum dan sesudah makan

4.9.1. Menerapkan doa sebelum dan sesudah makan
4.9.2.Membiasakan membaca doa sebelum dan sesudah makan

20
3.10 Memahami perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatiha

3.10.1 Memahami perilaku kasih sayang kepada sesama
21
4.10 Mencontohkan perilaku
kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah

4.10.1 Mencontohkan perilaku
kasih sayang kepada sesama
22
3.11 Memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2

3.11.1 Menyebutkan arti kerja sama dengan benar.
3.11.2 Menjelaskan manfaat kerja sama dengan benar.

23
4.11 Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2

4.11.1 Menunjukkan sikap kerja sama
           dengan benar.
4.11.2 Mencontohkan sikap kerja
           sama dengan benar.
4.11.3 Mendemonstrasikan sikap kerja
            sama dengan benar.

24
3.12 Mengenal kisah keteladanan Nabi Saleh a.s

3.12.1 Menyebutkan kisah singkat keteladanan Nabi shālih a.s. dengan benar.

25
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.

4.12.1 Menceritakan kembali kisah keteladanan Nabi Shalih
4.12.2   Menunjukkan sikap berani bertanya dengan benar.

26
3.13 Mengenal kisah keteladanan Nabi Luţ a.s

3.13.1.MenyebutkankisahketeladananNabi
Lut as
3.13.2. Menunjukkan kisah  keteladanan Nabi Lut as

27
4.13 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Luţ a.s.

4.13.1   Menceritakankembalikisah
keteladananNabiLut as
denganbenar
4.13.2.  Mencontohkansikapdisiplindalam
kisah keteladanan Nabi Lut as

28
3.14 Mengenal kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s

3.14.1.  Menyebutkan kisah  keteladanan Nabi Ishaq a.s
      
3.14.2.  Menunjukkan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s

29
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.

4.14.1   Menceritakan kembali kisah
             keteladanan Nabi Ishaq a.s
4.14.2.  Mencontohkan sikap damai dalam
          kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s

30
3.15 Mengenal kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s

3.15.1.  Menyebutkan kisah  keteladanan Nabi Yaqub a.s
       
3.15.2.  Menunjukkan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s

31
4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s

4.15.1   Menceritakan kembali kisah
             keteladanan Nabi Ya’qub as
             dengan benar
4.15.2.  Mencontohkan sikap jujur dalam
         kisah keteladanan Nabi Ya’qub as

32
3.16 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw

3.16.1. Menyebutkan kisah  keteladanan Nabi Muhammad asw     
3.16.2. Menunjukkan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw

33
4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw

4.16.1   Menceritakan kembali kisah
             keteladanan Nabi Muhammad saw
             dengan benar
4.16.2.  Mencontohkan sikap jujur dalam
          kisah keteladanan Nabi Muhammad 
             saw











Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda