Kumpulan KD dan Idikator Pendidikan Agama Islam Kur 2013 Kelas 2
NO
|
KD
(KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
|
|
1.1 Terbiasa berwudhu sebelum shalat
1.2 Menunaikan sholat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
1.3 Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah makan
1.4 Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada
di alam.
|
1.1.1 Membiasakan berwudhu
sebelum shalat dengan benar
1.2.1 Melaksanakan sholat setiap hari sebagai wujud dari
pemahaman rukun Islam
1.3.1 Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah makan
1.4.1
Menyebutkan bukti kebesaran ciptaan
Allah
Swt. denganbenar.
1.4.2
Menyebutkan cara memanfaatkan ciptaan
Allah Swtdenganbenar.
1.4.3
Menjelaskanbuktikebesaranciptaan Allah
Swt. denganbenar.
1.4.4
Bersyukuratasmakhlukciptaan Allah Swt.
yangMahaPenciptadenganbenar.
1.4.5 Membiasakanbersyukurataspemberian Allah
Swt.denganbenar
|
|
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Maidah (5): 119
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan
sesama anggota keluarga
|
2.1.1 Terbiasa hidup jujur dalam
kehidupan sehari-hari
2.2.1. menunjukkan perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua;dan guru.
2.2.2.menunjukkan perilaku hormat kepadasesama anggota keluarga.
|
|
1
|
3.1 Mengetahui huruf Hijaiyyah bersambung sesuai denganmakharijul
huruf
|
3.1.1
mengenal huruf hijaiyah lepas dan bersambung sesuai dengan
makhārijul huruf
3.1.2 menyebutkan huruf hijaiyah lepas dan
bersambung sesuai
dengan makhārijul huruf
3.1.3
mengidentifikasi huruf hijaiyah lepas dan bersambung sesuai dengan
makhārijul huruf
3.1.4
menuliskan huruf hijaiyah lepas dan bersambung sesuai dengan
makhārijul huruf
|
|
2
|
4.1 Melafalkan huruf Hijaiyyah bersambung sesuai dengan
makharijul huruf
|
4.1.1 melafalkan huruf hijaiyah bersambung
sesuai dengan makharijul huruf dengan benar
|
|
3
|
3.6 Mengenal makna Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Ashr
|
3.6.1 Mengenal makna Q.S
An-Nas dan Q.S Al-‘Ashar
|
|
4
|
4.6.1 Melafalkan Q.S. an-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
|
4.6.1.1.
Membunyikan Q.S. an-Nas dan Al’Ashr dengan benar dan jelas.
|
|
5
|
4.6.2 Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nas dan al-‘Ashr dengan benar
dan jelas
|
4.6.2.1. Menulis Q.S. an-Nas dan
al-‘Ashr dengan benar dan jelas
4.6.2.2. Menyebutkan hafalan Q.S. an
–Nas dan al-‘Ashr dengan benar dan jelas
|
|
6
|
3.2 Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha
Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk
ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
|
3.2.1
Mengenal
sifat-sifat Allah. Swt
3.2.2
Menyebutkan
benda-benda sebagai bukti Allah Swt Maha Suci
3.2.3
Menyebut
contoh kasih sayang terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-nya yang dijumpai di
sekitar rumah dan sekolah
|
|
7
|
4.2 Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah
SWT yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman
kepada Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci
|
4.2.1 Menunjukkan Iman kepada Allah Swt
tentang Allah yang maha pengasih
4.2.2 menunjukkan Iman kepada Allah Swt
tentang Allah Maha penyanyang.
4.2.3
Menunjukkan Iman Kepada Allah Swt tentang Allah Maha Suci
|
|
8
|
3.3 Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
|
3.3.1 Menyebutkan Asmaul
Husna, Al-Qudus, As- Salam, Al-Kholiq
|
|
9
|
4.3 Melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan
maknanya
|
4.3.1 Menyebutkan arti Asmaul Husna Al-
Quddus, As- Salam, Al Khaliq
4.3.2 Menjelaskan tentang makna Asmaul Husna
Al-Quddus, As-salam dan Al Khaliq
|
|
10
|
3.4 Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
|
3.4.1 Menyebutkan
keterangan berdasarkan hadis tentang menuntut ilmu
|
|
11
|
4.4 Menunjukkan perilaku rajin menuntut ilmu
|
4.4.1 Menunjukkan perilaku rajin menuntut ilmu
|
|
12
|
3.5 Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan
sehat
|
3.5.1. Menyebutkan
hadis yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan
sehat.
3.5.2. Menunjukan perilaku hidup bersih dan sehat.
|
|
13
|
4.5 Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai
implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan
|
4.5.1 Menceritakan perilaku hidup bersih yang sudah dilakukan
sehari- hari
4.5.2. Mencontohkan perilaku hidup bersih
|
|
14
|
3.7 Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu
|
3.7.1.
Membiasakan berwudu sebelum Salat dengan benar.
3.7.2.
Menyebutkan syarat wudu dengan benar.
3.7.3 Menyebutkan rukun wudu dengan benar.
3.7.4 Menyebutkan sunah wudu dengan benar.
3.7.5 Menyebutkan hal yang
membatalkan wudu dengan benar.
|
|
15
|
4.7 Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
|
4.7.1
Membiasakan berwudu sebelum Salat dengan benar.
4.7.2
Melafalkan doa sebelum wudu dengan benar.
4.7.3.
Melafalkan doa sesudah wudu dengan benar.
4.7.4.
Membaca doa sebelum wudu dengan benar.
4.7.5.
Membaca doa sesudah wudu dengan benar.
4.7.6. Mempraktikkan wudu dan doanya dengan tertib dan benar.
|
|
16
|
3.8 Mengenal tata cara șhalat danbacaannya
|
3.8.1 Menyebutkan
urutan tatacara salat dan
bacaannya
|
|
17
|
4.8 Mempraktikkan șhalat dengantata cara dan bacaan yang benar
|
4.8.1 Mampu mempraktikkan salat dengan bacaan dengan benar
|
|
18
|
3.9
Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan
|
3.9.1. Menyebutkan makna doa sebelum dan sesudah makan
|
|
19
|
4.9 Mempraktikkan doa sebelum dan sesudah makan
|
4.9.1. Menerapkan doa sebelum dan sesudah makan
4.9.2.Membiasakan membaca doa sebelum dan sesudah makan
|
|
20
|
3.10 Memahami perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatiha
|
3.10.1
Memahami perilaku kasih sayang kepada sesama
|
|
21
|
4.10 Mencontohkan perilaku
kasih
sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
|
4.10.1 Mencontohkan perilaku
kasih
sayang kepada sesama
|
|
22
|
3.11 Memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
|
3.11.1 Menyebutkan arti kerja sama dengan benar.
3.11.2 Menjelaskan manfaat kerja sama
dengan benar.
|
|
23
|
4.11 Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
|
4.11.1 Menunjukkan sikap kerja sama
dengan benar.
4.11.2 Mencontohkan sikap kerja
sama dengan benar.
4.11.3 Mendemonstrasikan sikap kerja
sama dengan benar.
|
|
24
|
3.12 Mengenal kisah keteladanan Nabi Saleh a.s
|
3.12.1 Menyebutkan kisah singkat keteladanan Nabi shālih a.s. dengan
benar.
|
|
25
|
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
|
4.12.1 Menceritakan kembali kisah
keteladanan Nabi Shalih
4.12.2
Menunjukkan sikap berani bertanya dengan
benar.
|
|
26
|
3.13 Mengenal kisah keteladanan Nabi Luţ a.s
|
3.13.1.MenyebutkankisahketeladananNabi
Lut as
3.13.2.
Menunjukkan kisah keteladanan Nabi Lut as
|
|
27
|
4.13 Menceritakan kisah
keteladanan
Nabi Luţ a.s.
|
4.13.1
Menceritakankembalikisah
keteladananNabiLut as
denganbenar
4.13.2.
Mencontohkansikapdisiplindalam
kisah
keteladanan Nabi Lut as
|
|
28
|
3.14 Mengenal kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s
|
3.14.1. Menyebutkan
kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s
3.14.2. Menunjukkan kisah
keteladanan Nabi Ishaq a.s
|
|
29
|
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
|
4.14.1
Menceritakan kembali kisah
keteladanan
Nabi Ishaq a.s
4.14.2.
Mencontohkan sikap damai dalam
kisah
keteladanan Nabi Ishaq a.s
|
|
30
|
3.15 Mengenal kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
|
3.15.1. Menyebutkan kisah keteladanan Nabi Yaqub a.s
3.15.2. Menunjukkan
kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
|
|
31
|
4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
|
4.15.1
Menceritakan kembali kisah
keteladanan
Nabi Ya’qub as
dengan benar
4.15.2.
Mencontohkan sikap jujur dalam
kisah
keteladanan Nabi Ya’qub as
|
|
32
|
3.16 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
|
3.16.1. Menyebutkan kisah
keteladanan Nabi Muhammad asw
3.16.2.
Menunjukkan kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw
|
|
33
|
4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
|
4.16.1
Menceritakan kembali kisah
keteladanan
Nabi Muhammad saw
dengan benar
4.16.2.
Mencontohkan sikap jujur dalam
kisah
keteladanan Nabi Muhammad
saw
|
|
|
|
|
|
Label: Kisi kisi Soal SD Kelas 1 Smtr 2, Kumpulan KD dan Idikator Pendidikan Agama Islam Kur 2013 Kelas 2
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda