Kompetensi Dasar dan Indikator Pendidikan Agama Islam Kelas : V (Lima)/1
Kompetensi Dasar dan Indikator | |||
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam | |||
Kelas : V (Lima)/1 | |||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | Indikator |
1 | KI 1 : Menerima dan | 1.1 Terbiasa membaca Al-Quran | 1. Membaca Al Quran dalam |
menjalankan ajaran | dengan Tartil | keseharian | |
agama yang dianut | 1.2 Menyakini Al-Quran sebagai | 1. Menolong sesama teman | |
kitab suci terakhir dan menjadi | 2. Mengerjakan tugas tepat waktu | ||
kannya sebagai pedoman hidup | 3. Menghargai orang lain | ||
4. Bekerja sama dengan orang lain | |||
1.3 Menunaikan kewajiban puasa | 1. Berpuasa di bulan ramadahan | ||
Ramadhan sebagai implementasi | |||
dari pemahaman rukun Islam | |||
1.4 Menunaikan shalat tarawih | 1. Shalat tarawih di masjid | ||
dan tadarus Al Quran di bulan | 2. Membaca Al Quran di bulan | ||
Ramadhan sebagai wujud | Ramadhan | ||
ketaatan Allah dan Rasul-Nya | |||
2 | KI 2 : Memiliki perilaku | 2.1 Memiliki sikap jujur sebagai | 1. Bersikap jujur |
jujur, disiplin, tanggung | implementasi dari pemahaman | 2. Berkata jujur | |
jawab, santun, peduli, | Q.S Al Ahzab ayat 23 | ||
dan percaya diri dlam | 2.2 Memiliki perilaku hormat dan | 1. Memberi salam kepada guru | |
berinteraksi dengan | patuh kepada orang tua, dan guru | 2. Melaksanakan Tugas yang diberikan | |
keluarga, teman, dan | dan sesama anggota keluarga | oleh guru | |
guru | sebagai implementasi dari pemaha | 3. Membantu orang tua di rumah | |
man Q.S Al Baqarah ayat 83 | 4. Menghargai milik orang lain | ||
5. Menjaga nama baik orang tua | |||
2.6 Memiliki sikap sabar dan | 1. Memaafkan kesalahan orang lain | ||
pengendalian diri sebagai | 2. Berusaha dengan sungguh-sungguh | ||
implementasi dari pemahaman | |||
puasa Ramadhan | |||
2.8 Memiliki sikap ikhlas sebagai | 1. Berbuat baik dalam keseharian | ||
implementasi dari pemahaman | 2. Melakukan ibadah wajib | ||
Q.S Al Bayyinah ayat 5 | 3. Bersedia membantu siapa saja | ||
3 | KI 3 : Memahami | 3.1 Mengenal nama-nama | 1. Mengetahui jumlah rasul Allah dan |
pengetahuan faktual | Rasul Allah dan Rasul Ulul | yang termasuk dalam ulul Azmi | |
dengan cara mengamati, | Azmi | 2. Menyebutkan nama rasul Allah dan | |
mendengar, melihat, | yang termasuk dalam ulul Azmi | ||
membaca, dan menanya | 3. Menghafal nama rasul ulul azmi | ||
berdasarkan rasa ingin | 3.2 Memahami makna | 1. Menjelaskan pengertian kitab Allah | |
tahu tentang drinya | diturunkannya kitab-kitab | 2. Menyebutkan nama-nama kitab | |
makhluk ciptaan Tuhan | suci melalui rasul-rasul-Nya | yang diturunkan Allah | |
dan kegiatannya, benda | sebagai implementasi rukun | 3. Menyebutkan rasul penerima kitab | |
benda yang dijumpainya | iman | Allah | |
di rumah dan sekolah | 3.3 Mengetahui makna Q.S. | 1. Menjelaskan makna Q.S Al Maun | |
Al-Maun dan At-Tin dengan | dan At-Tin | ||
benar | 2. Menjelaskan kandungan dari Q.S | ||
Al Maun dan At-Tin | |||
3.4 Mengerti makna Asmaul | 1. Menyebutkan 5 Asmaul Husna | ||
Husna: Al Mumit,Alhayy,Al | 2. Mengartikan 5 Asmaul Husna | ||
Qayum,Al Ahad | 3. Memberi contoh perbuatan yang | ||
sesuai dengan pemahaman 5 asmaul | |||
Husna | |||
3.5 Mengetahui hikmah puasa | 1. Menjelaskan hikmah puasa | ||
Ramadhan yang dapat mem- | 2. menyebutkan contoh akhlak mulia | ||
bentuk akhlak mulia | 3. menyebutkan akhlak mulia yang | ||
terbentuk dari puasa | |||
3.6 Mengetahui kisah | Menyebutkan keteladanan dari | ||
keteladanan Nabi Daud a.s | kisah Nabi Daud a.s | ||
3.7 Mengetahui kisah | Menyebutkan keteladanan dari | ||
keteladanan nabi Sulaiman a.s | kisah Nabi Sulaiman a.s | ||
3.8 Mengetahui kisah | Menyebutkan keteladanan dari | ||
keteladanan nabi Ilyas a.s | kisah Nabi Ilyasa a.s | ||
4 | KI 4 Menyajikan kejadian | 4.1 Membaca Q.S. Al-Maun dan | Membaca Q.S Al Maun dan At Tin |
faktual dalam bahasa | dan At-Tin dengan baik dan | dengan baik dan benar | |
yang jelas dan logis | benar | ||
dalam karya yang estetis, | 4.2 Menulis kalimat-kalimat | Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S | |
dalam gerakan yang | dalam Q.S Al-Maun dan At-Tin | Al Maun dan At-Tin dengan baik dan | |
mencerminkan anak | dengan baik dan benar | benar | |
sehat, dalam tindakan | 4.3 Menunjukkan hafalan Q.S | Menghafal Q.S Al Maun dan At Tin | |
yang mencerminkan | Al-Maun dan At-Tin dengan | dengan baik dan benar | |
prilaku anak beriman | baik dan benar | ||
dan berakhlak mulia | 4.10 Menceritakan kisah | Menceritakan kisah keteladanan | |
keteladanan Nabi Daud a.s | Nabi Daud a.s | ||
4.11 Menceritakan kisah | Menceritakan kisah keteladanan | ||
keteladanan nabi Sulaiman a.s | Nabi Sulaiman a.s | ||
4.12 Menceritakan kisah | Menceritakan kisah keteladanan | ||
keteladanan nabi Ilyas a.s | Nabi Ilyasa a.s |
Label: Kompetensi Dasar dan Indikator Pendidikan Agama Islam Kelas : V (Lima)/1
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda