Selasa, 05 Januari 2016

Contoh RPP K.13 Kelas 6 Smster 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SDN
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    VI / II            
Materi Pokok                      :    Indahnya saling membantu
Alokasi Waktu                    :   1 x 4 Jam Pelajaran
                                                  (pertemuan ke-1)

A.      Kompetensi Inti
KI-1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air
KI-3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca], menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’±n dengan tartil.
1.5 Terbiasa berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman  Q.S. al-Ma’idah/5:2
 1.6 Terbiasa bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman  Q.S. al-Ma’idah/5:2
1.1.1 membaca al-Qur’an dengan tartil

1.5.1 Menyadari berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S al-Maidah/5:2

1.6.1. menyadari bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S al-Maidah/5:2
2.
2.3 Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. al-Kafirµn dan Q.S. al-Ma’idah/5:
2.3.1 Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. al-Kafirµn dan Q.S. al-Ma’idah/5:
3
3.3 Mengetahui makna Q.S. al-Kafirµn dan Q.S. al-Ma’idah/5:2  dengan benar.
3.3.1 Menyebutkan makna Q.S al-Kafirun dan Q.S. al-Ma’idah/5:2  dengan benar.
3.3.2 Menjelaskan makna Q.S al-Kafirun dan Q.S. al-Ma’idah/5:2  dengan benar.
3.3.3  Mengidentifikasi makna Q.S al-Kafirun dan Q.S. al-Ma’idah/5:2  dengan benar.









C.      Deskripsi Materi Pembelajaran

Penggalan Q.S. al-Ma'idah/5:2 ini berisi tentang ajakan tolong-menolong dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan  dosa dan permusuhan. Kita diharuskan saling menolong kepada sesama  kita dalam perbuatan baik dan ketaqwaan, sebaliknya hindari saling menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Misalnya, ada teman kita yang mengajak membolos, hendaknya dihindari atau ditolak, karena membolos perbuatan tidak baik. Tetapi bila ada teman kita yang mengajak ke mesjid untuk mendengarkan ceramah agama atau şalat berjamaah, kita harus mendukungnya. Begitu pula bila ada teman mengajak nonton televisi atau main game terus menerus sehingga lupa makan dan belajar, kita harus menolaknya. Tetapi bila ada teman yang mengajak kita belajar bersama, maka kita harus mau bergabung.  Karena belajar bersama sangat baik dan menguntungkan,  insya Allah kita akan mendapat karunia dan pahala dari Allah Swt..



D.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.        Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.        Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.        Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
e.        Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator pembelajaran yang akan dicapai.
f.        Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca atau gambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).


10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·         Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca al-Qur’an yang baik dan benar
·         Guru menunjuk beberapa peserta didik sebagai model untuk membaca Q.S. al-Ma’idah/5:2.
·          Guru memberikan penguatan dengan memberikan contoh membaca Q.S. al-Ma’idah/5:2 yang benar.
·         Guru melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara bersama.
·          Selanjutnya, secara bergiliran peserta didik melafalkan Q.S. al-Ma’idah/5:2 dengan benar.
·          Guru kembali memberikan contoh bacaan Q.S. al-Ma’idah/5:2 yang benar.
·         Peserta didik menirukan bacaan Q.S. al-Ma’idah/5:2 bersama-sama, selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk membacanya.
b.      Menanya
·         Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Maidah
c.    Mengumpulkan Informasi / mengeksplorasi
·         Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok diminta untuk membaca penggalan  Q.S. al-Ma’idah/5:2
·         Peserta didik secara berkelompok diberikan tugas  untuk berdiskusi  tentang pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S. al- Ma’idah/5:2.
d.      Menalar/Mengasosiasi
·         Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang bacaan, tulisan, dan hafalan Q.S. al-Ma’idah/5:2 dan mencermati artinya
·         Peserta didik secara kelompok mencermati dan mendiskusikan arti penggalan Q.S. al-Ma’idah/5:2 tersebut.
e.    Mengomunikasikan
·         Setiap kelompok menuliskan hasil pencermatannya dan diskusinya serta menyampaikannya di depan kelompok lain.
·          Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan oleh masing-masing kelompok.
·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
  110 menit
3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
c.  Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.


20  menit



E.       Penilaian Hasil Belajar
1.    Sikap spiritual (observasi)
                            a.     Teknik Penilaian               : Penilaian diri
                           b.     Kisi-kisi                            :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Terbiasa membaca surat al-Maidah
Terlampir
  1.  
Senang membaca surat al-Maidah
Terlampir

                            c.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri
No.
Nama Pesertra Didik
Terbiasa membaca surat al-Maidah
Senang membaca surat al-Maidah
SL
SR
KK
TP
SL
SR
KK
TP
1
Ali








2
Rahma








3
Soleh








dst










Keterangan:
4 = selalu, 3 = sering, 2 = kadang-kadang, 1 = tidak pernah


2.    Sikap sosial (observasi)
                            a.     Teknik Penilaian   : Penilaian Antar Teman
                           b.     Kisi-kisi                :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Kerjasama
Terlampir
  1.  
Kekompakkan
Terlampir
  1.  
Tanggungjawab bersama
Terlampir
  1.  
Inisiatif
Terlampir
  1.  
Disiplin
Terlampir

                            c.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian antar teman

Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
III / Ganjil
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman .
Petunjuk:
a.     Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.     Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.     Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik


NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

MK
MB
MT
BT

1
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok






2
Memperlihatkan adanya kekompokkan antar anggota kelompok.






3
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.






4
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.






5
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.






HASIL AKHIR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

CATATAN: 
MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).




3.    Pengetahuan
                            a.     Teknik Penilaian   : Tes Tertulis
                           b.     Kisi-kisi                :

No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Memahami kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maidah dengan benar

Terlampir

2.
Mempelajari kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maidah dengan benar


Terlampir


                            c.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian tes tertulis

Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
III / Ganjil
Teknik Penilaian
:
Tes tertulis
1. Apa arti penggalan Q.S. al-Ma'idah/5:2 ini?
2. Apa arti penggalan Q.S. al-Ma'idah/5:2 ini?
3. Sebutkan satu contoh perbuatan dosa yang harus kita hindari di rumah!
 4. Sebutkan satu contoh perbuatan baik yang harus kita lakukan di rumah!
 5. Dalam Q.S. al-Ma'idah/5:2 dijelaskan, bahwa yang beriman  tidak boleh menggangu hewan kurban. Sebutkan 2 nama binatang  yang digunakan untuk kurban di Indonesia!

Keterangan:
Setiap soal jika jawabannya benar diberikan skor 1

Penskoran:
Nilai akhir = perolehan skor x 100              contoh: Ali  5  x 100  = 100
                    Nilai maksimal                                             5

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
2.      Alat
Gambar/poster tulisan
3.      Sumber Belajar
Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD, Kemdikbud Jakarta, 2013
Alqur’an terjemah



Mengetahui,
Kepala Sekolah


Mahdi,S.Pd.
Rantau Pulung,                2015

Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti


Ana Shofiatin, S.Pd.I.
                                                          Nip: 199105172014032002

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda