Contoh RPP K.13 Kelas 6 Smster 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
VI / II
Materi Pokok : Indahnya saling membantu
Alokasi
Waktu : 1 x 4 Jam Pelajaran
(pertemuan ke-1)
A.
Kompetensi Inti
KI-1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta
tanah air
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca], menanya
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1.
|
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’±n dengan
tartil.
1.5 Terbiasa berinfaq sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. al-Ma’idah/5:2
1.6 Terbiasa
bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Ma’idah/5:2
|
1.1.1
membaca al-Qur’an dengan tartil
1.5.1
Menyadari berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S al-Maidah/5:2
1.6.1.
menyadari bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S al-Maidah/5:2
|
2.
|
2.3 Memiliki sikap toleran
dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan
Q.S. al-Kafirµn dan Q.S. al-Ma’idah/5:
|
2.3.1 Memiliki sikap toleran dan simpati
kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. al-Kafirµn
dan Q.S. al-Ma’idah/5:
|
3
|
3.3 Mengetahui makna Q.S.
al-Kafirµn dan Q.S. al-Ma’idah/5:2
dengan benar.
|
3.3.1 Menyebutkan makna Q.S
al-Kafirun dan Q.S. al-Ma’idah/5:2 dengan
benar.
3.3.2 Menjelaskan makna Q.S
al-Kafirun dan Q.S. al-Ma’idah/5:2 dengan
benar.
3.3.3
Mengidentifikasi makna Q.S al-Kafirun dan Q.S. al-Ma’idah/5:2 dengan benar.
|
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran
Penggalan Q.S. al-Ma'idah/5:2 ini berisi tentang
ajakan tolong-menolong dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan
tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan
permusuhan. Kita diharuskan saling menolong kepada sesama kita dalam perbuatan baik dan ketaqwaan,
sebaliknya hindari saling menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan.
Misalnya, ada teman kita yang mengajak membolos, hendaknya dihindari atau ditolak,
karena membolos perbuatan tidak baik. Tetapi bila ada teman kita yang mengajak
ke mesjid untuk mendengarkan ceramah agama atau şalat berjamaah, kita harus
mendukungnya. Begitu pula bila ada teman mengajak nonton televisi atau main
game terus menerus sehingga lupa makan dan belajar, kita harus menolaknya.
Tetapi bila ada teman yang mengajak kita belajar bersama, maka kita harus mau
bergabung. Karena belajar bersama sangat
baik dan menguntungkan, insya Allah kita
akan mendapat karunia dan pahala dari Allah Swt..
D.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru membuka pembelajaran dengan
salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan
membaca al-Qur’an surah/ayatpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan
sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan
indikator pembelajaran yang akan dicapai.
f.
Mempersiapkan
media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board,
potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca
atau gambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru
terlebih dahulu menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca al-Qur’an
yang baik dan benar
·
Guru menunjuk beberapa peserta
didik sebagai model untuk membaca Q.S. al-Ma’idah/5:2.
·
Guru memberikan penguatan dengan memberikan
contoh membaca Q.S. al-Ma’idah/5:2 yang benar.
·
Guru melafalkan secara berulang
huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk menirukan
pelafalan tersebut secara bersama.
·
Selanjutnya, secara bergiliran peserta didik
melafalkan Q.S. al-Ma’idah/5:2 dengan benar.
·
Guru kembali memberikan contoh bacaan Q.S.
al-Ma’idah/5:2 yang benar.
·
Peserta didik menirukan bacaan
Q.S. al-Ma’idah/5:2 bersama-sama, selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik
untuk membacanya.
b.
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Maidah
c.
Mengumpulkan Informasi /
mengeksplorasi
·
Guru membagi
peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok diminta untuk
membaca penggalan Q.S. al-Ma’idah/5:2
·
Peserta didik secara berkelompok diberikan
tugas untuk berdiskusi tentang pesan-pesan mulia yang terkandung
dalam Q.S. al- Ma’idah/5:2.
d.
Menalar/Mengasosiasi
·
Membuat catatan
hasil diskusi kelompok tentang bacaan, tulisan, dan hafalan Q.S. al-Ma’idah/5:2 dan mencermati artinya
·
Peserta didik secara kelompok
mencermati dan mendiskusikan arti penggalan Q.S. al-Ma’idah/5:2 tersebut.
e.
Mengomunikasikan
·
Setiap kelompok menuliskan hasil pencermatannya dan
diskusinya serta menyampaikannya di depan kelompok lain.
·
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan oleh masing-masing
kelompok.
·
Guru memberikan penjelasan tambahan dan
penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
|
110 menit
|
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
b. Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan
menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
c. Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
|
20
menit
|
E.
Penilaian Hasil
Belajar
1.
Sikap
spiritual (observasi)
a. Teknik
Penilaian : Penilaian diri
b. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Terbiasa
membaca surat al-Maidah
|
Terlampir
|
|
Senang
membaca surat al-Maidah
|
Terlampir
|
c. Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
diri
No.
|
Nama Pesertra Didik
|
Terbiasa membaca
surat al-Maidah
|
Senang membaca
surat al-Maidah
|
||||||
SL
|
SR
|
KK
|
TP
|
SL
|
SR
|
KK
|
TP
|
||
1
|
Ali
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Rahma
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Soleh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
4 = selalu, 3 = sering, 2 = kadang-kadang, 1 = tidak
pernah
2.
Sikap sosial (observasi)
a. Teknik
Penilaian : Penilaian Antar Teman
b. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Kerjasama
|
Terlampir
|
|
Kekompakkan
|
Terlampir
|
|
Tanggungjawab bersama
|
Terlampir
|
|
Inisiatif
|
Terlampir
|
|
Disiplin
|
Terlampir
|
c. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian antar teman
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
III / Ganjil
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Petunjuk:
a.
Dibuat
kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap
kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.
Membuat rekap
penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
|
3.
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Memahami kalimat-kalimat
dalam Q.S. al-Maidah dengan benar
|
Terlampir
|
2.
|
Mempelajari kalimat-kalimat
dalam Q.S. al-Maidah dengan benar
|
Terlampir
|
c. Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
tes tertulis
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
III / Ganjil
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Tes tertulis
|
1. Apa arti
penggalan Q.S. al-Ma'idah/5:2 ini?
2. Apa arti
penggalan Q.S. al-Ma'idah/5:2 ini?
3. Sebutkan
satu contoh perbuatan dosa yang harus kita hindari di rumah!
4. Sebutkan satu contoh perbuatan baik yang
harus kita lakukan di rumah!
5. Dalam Q.S. al-Ma'idah/5:2 dijelaskan, bahwa
yang beriman tidak boleh menggangu hewan
kurban. Sebutkan 2 nama binatang yang
digunakan untuk kurban di Indonesia!
Keterangan:
Setiap
soal jika jawabannya benar diberikan skor 1
Penskoran:
Nilai akhir = perolehan skor x 100 contoh: Ali 5 x 100 = 100
Nilai maksimal
5
F.
Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media
Multimedia Interaktif/CD Interaktif
/Video
2. Alat
Gambar/poster tulisan
3. Sumber Belajar
Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD, Kemdikbud
Jakarta, 2013
Alqur’an terjemah
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Mahdi,S.Pd.
|
Rantau
Pulung, 2015
Guru
Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti
Ana Shofiatin, S.Pd.I.
|
Nip: 199105172014032002
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda