Senin, 18 Januari 2016

Program Tahunan Pendidikan Agama Islam Kelas 1



Program Tahunan

Pendidikan Agama Islam

Kelas 1 

Tahun Pelajaran 2015/2016
No No KI Kompentensi Dasar Indikator Materi Jmlh jam
1 3.1 Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap 3.1.1 Menyebutkan  huruf hijaiyyah dan harakatnnya secara lengkap Huruf Hijaiyyah  4
2 4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah    .4.1.1 Menuliskan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar  Huruf Hijaiyyah  4
3 3.2  Mengenal pesan-pesan   yang terkandung di dalam Q.S  al-Fatihah dan al ’Alaq (96): 1-5 3.2 .1Menyebutkan beberapa pesan yang terkandung dalam surah al-Fatihah dan al alaq Arti surah al Fatihah 4
4 4.2.1          Melafalkan Q.S. Q.S. al-Fatihah dengan benar dan jelas .4.2.1 Melafalkan surah al-Fatihah dengan benar Surah al Fatihah 4
5 4.4  Mengenal makna Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik 3.3.1.  menyebutkan Arti asmaul husna ar rahman dan  ar rahim  dengan benar Asmaul Husna 4
6   Melafalkan Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik 4.2.1 melafalkan
asmaul husna
dengan benar
4.2.2.Hafal Asmaul   
          Husna dengan 
baik  dan 
benar
Asmaul Husna 4
7 3.6 Mengenal tata cara bersuci 3.6.1 Menyebutkan macam-macam bersuci.
3.6.2. Menyebutkan manfaat bersuci.
3.6.3. Menyebutkan alat bersuci
3.6.4. Menyebutkan
           tata cara  
bersuci.
Bersih itu sehat 4
8 4.9 Mempraktikkan tatacara bersuci 4.9.1.Memperatikkan tata cara berwudu dan tayamumum, dan mensimulasikan mandi dan istinja’
4.9.2. Menghafalkan doa sebelum dan sesudah bersuci.
tata cara bersuci 4
9 3.8 Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam a.s. Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Adam AS                 3.8.2. Menyebutkan peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Adam AS   4
10 3.8 3.8.2. Menyebutkan peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Adam AS 4.8.1 Menceritakan  kembali kisah nabi Adam as Cerita Nabi adam 4
11 4.8 3.8.2. Menyebutkan peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Adam AS 4.8.1 Menceritakan  kembali kisah nabi Adam As Cerita Nabi adam 4
12 3.9 Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s 3.8.1        Menyebutkan sifat sifat  terpuji yang dimiliki nabi Idris as Cerita nabi Idris as 4
13 4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s. 4.9.1 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris  cerita Nabi Idris as 4
14 3.10 Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. 3.10.1. Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Nabi Nuh As   3.10.2. Menyebutkan peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Nuh AS Cerita Nabi Nuh as 4
15 4.10  Menceritakan kisah  keteladanan Nabi Nuh a.s. 4.10.1 Menceritakan  kembali kisah Nuh AS Cerita Nabi Nuh as 4
16 3.11 Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s 3.11.1. Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Hud As Cerita Nabi Hud as 4
17 4.11 4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s 4.11.1 Menceritakan  kembali kisah nabi Hud as Crita Nabi Hud as 4
18 3.1 Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap 3.1.1 Menyebutkan  huruf hijaiyyah dan harakatnnya secara lengkap Huruf Hijaiyyah  4
19 4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah    .4.1.1 Menuliskan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar  Huruf Hijaiyyah  4
20 3.2  Mengenal pesan-pesan   yang terkandung di dalam Q.S  al-Ikhlas dan al ’Alaq (96): 1-5 3.2 .1Menyebutkan beberapa pesan yang terkandung dalam surah al-Ikhlas dan al alaq Arti surah al Ikhlas 4
21 4.2.1          Melafalkan Q.S. Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas .4.2.1 Melafalkan surah al-Ikhlas dengan benar Surah al Ikhlas 4
22 3.5 Mengenal makna do’a   sebelum dan sesudah belajar 4.5.1 Melafalkan doa sebelum belajar
4.5.2 Menunjukkan hafalkan doa sebelum belajar
Doa Sebelum dan sesudah belajar 4
23 4.4  Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas 4.4.1        Melafalkan dua kalimah syahadat. Syahadat Tauhid dan Syahadat rasul 4
24 3.4 Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama 3.4.1 Menyebutkan makna dua kalimat syahadat 3.4.2 Menyebutkan syahadat tauhid dan syahadat Rasul Syahadat Tauhid dan Syahadat rasul 4
25 3.7 Memahami șalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan 3.7.1Menyebutkan l salat wajib 5 waktu
3.7.2 Menyebutkan  jumlah rakaat salat
Sholat 5 Waktu 4
26 4.7.1 Melaksanakan shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan 4.7.1.1 Melakukan
gerakan  sholat
4.7.1.2 Melakukan 
  Bacaan Sholat
Sholat 5 Waktu 4
27 4.7.2 Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya 4.7.2.1
         Mencontohkn
kegiatan sholat
dan kegiatan 
        keagamaan
        yang dia anut

4.7.1.1 Menyebutkan contoh kegiatan
agama mengaji
Sholat 5 Waktu 4
28 3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw 3.12.1. Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Muahammad Saw.
3.12.2. Menyebutkan peristiwa penting yang dialami oleh Nabi muhammad saw
Perilaku terpuji 4
29 4.12 Menceritakan kisah  keteladanan Nabi Muhammad saw 4.12.1.Menceritakan kembali kisah Nabi Muhammad Saw
4.12.2.Menunjukkan sikap terpuji yang   dimiliki Nabi Muhammad saw.
Perilaku terpuji 4
29 minggu  x 4 jam perminggu  = 116 jam x 35 menit = 4,060 menit pertahun






Mengetahui
Sangatta,         2016
Kepala Sekolah Guru Pendidikan Agama Islam












Jainul arifin, M.Pd Rusini,M.Pd.I
NIP.19670227200105 1001 NIP.197204211996032008






Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda