Selasa, 05 Januari 2016

Program Tahunan Pendidikan Agama Islam Kelas 6



Program Tahunan
Pendidikan Agama Islam
Kelas 6
No
Kompentensi Dasar
Indikator
Waktu
Ket

3.1   Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar

3.3.1 Menyebutkan makna Q.S al-Kafirun dan Q.S. al-Ma’idah/5:2  dengan benar.
3.3.2 Menjelaskan makna Q.S al-Kafirun dan Q.S. al-Ma’idah/5:2  dengan benar.
3.3.3  Mengidentifikasi makna Q.S al-Kafirun dan Q.S. al-Ma’idah/5:2  dengan benar.

1 x 4 JP


4.1    Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan jelas dan benar

.4. 1.1 Melafalkan Q.S. al-Kāfirūn dengan jelas dan benar.
4.2.1 Menulis Q.S. Al- Kafirun dengan benar

1 x 4 jam pelajaran



4.2    Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2

4.2.1 Membiasakan perilaku toleransi dan simpati sebagai implementasi dari QS. Al-Maidah :2
4.2.2 Menunjukan perilaku toleransi dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Maidah : 2
1 x 4 jam pelajaran


4.3    Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman

Memberikan contoh Qadha dan qodha dalam kehidupan sehari hari
1 x 4 jam pelajaran


4.4    Mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al Hujurat (49): 12

4.4.1 Menerapkansikapberbaiksangkakepadasesamesebagai
ImplementasidaripemahamanQ.S. al-Hujurat/49:12.
1 x 4 jam pelajaran


4.5    Mencontohkan perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 13

4.5.1        Melakukan contoh hidup rukun
4.5.2        Melakukan hidup rukun



3.2   Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi

3.2.1 Menyebutkan makna asmaul husna as- samad, al- muqtadir, al- Muqoddim, al-Baqi
3.2.2 Menjelaskan makna asmaul husna as-samad, al-Muktadir, al-Muqaddim, Al-baqi
3.2.3Memahami sifat-sifat: as- samad, al- muqtadir, al- Muqoddim, al-Baqi

4 x 4 jam pelajaran



3.3   Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.3.1      mengetahui macam-macam hari akhir
3.3.2      menjelaskan macam macam hari akhir

2 x 4 jam pelajaran



3.4   Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.4.1.Memahami makna Qadha’ dan Qadar
3.4.2.Mengetahui contoh-contoh Qadha’ dan  Qadar
3.4.3.Memahami hikmah beriman kepada Qadha’ dan Qadar yang dapatmembentuk perilaku akhlak mulia.
2 x 4 jam pelajaran



3.5   Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam
3.5.1. Menuliskan hikmah zakat sebagai implementasi dari rukun Islam
3.5.2. Menyebutkan hikmah zakat sebagai implementasi dari rukun Islam
3.5.3. Menjalankan hikmah zakat sebagai implementasi dari rukun Islam
1 x 4 jam pelajaran



3.6   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.

4.6    Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
3.6.1 Menyebutkan keteladanan nabi Yunus as


4.8.1  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. dengan benar
4.8.2  Menerapkan keteladanan Nabi Yunus a.s dengan baik


2 x 4 jam pelajaran


3.7   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.





4.7    Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
3.7.1. Mengetahui kisah teladan Nabi Yunus a.s
3.7.2. Memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.

4.7.1 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.dengan benar
4.9.2  Menerapkan keteladanan Nabi Zakaria a.s dengan baik
2 x 4 jam pelajaran


3.8      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.



4.8       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
3.8.1 Mengetahui kisah teladan Nabi Zakaria a.s
3.8.2 Memahami kisah keteladanan Nabi Zakaria a.s
4.8.1 Dapat menceritakan  kisah      keteladanan Nabi Isa a.s singkat  Nabi Isa as.
4.8 .2 Dapat menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
2 x 4 jam pelajaran


3.9      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa a.s.

4.9       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
3.9.1 Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Isa As



4.11.1 Dapat mengetahui kisah   
            keteladanan Nabi Isa a.s singkat  Nabi Isa as.
4.11.2 Dapat menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
2 x 4 jam pelajaran


3.10    Mengetahui kisah Nabi Muhammad saw





4.10    Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
3.10.1 menyebutkan  kejujuran rasulullah saw
3.10.2 menjelaskan kasih sayang rasulullah saw

4.10.1 Menceritakan keteladanan Nabi Muhammad Saw
2 x 4 jam pelajaran


3.11    Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw












4.11    Menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
3.11.1 Memahami kisah keteladanan sahabat sahabat Nabi Muhammad SAW.
3.11.2 menyebutkan sifat-sifat keteladan sahabat-sahabat nabi Muhammad SAW.
  3.11   3.11.3 Menceriterakan kisah  Keteladanan sahabat - sahabat Nabi Muhammad SAW.
2 x 4 jam pelajaran


3.12    Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Quran

4.12    Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an

2 x 4 jam pelajaran



Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda