Program Tahunan Pendidikan Agama Islam Kelas 6
Program
Tahunan
Pendidikan
Agama Islam
Kelas 6
No
|
Kompentensi
Dasar
|
Indikator
|
Waktu
|
Ket
|
|
3.1
Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5):
2 dengan benar
|
3.3.1 Menyebutkan makna Q.S al-Kafirun
dan Q.S. al-Ma’idah/5:2 dengan benar.
3.3.2 Menjelaskan makna Q.S al-Kafirun
dan Q.S. al-Ma’idah/5:2 dengan benar.
3.3.3
Mengidentifikasi makna Q.S al-Kafirun dan Q.S. al-Ma’idah/5:2 dengan benar.
|
1 x 4 JP
|
|
|
4.1
Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan
jelas dan benar
|
.4. 1.1 Melafalkan Q.S. al-Kāfirūn dengan jelas dan benar.
4.2.1 Menulis Q.S. Al- Kafirun dengan benar
|
1 x 4 jam pelajaran
|
|
|
4.2
Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2
|
4.2.1
Membiasakan perilaku toleransi dan simpati sebagai implementasi dari QS.
Al-Maidah :2
4.2.2 Menunjukan perilaku toleransi dan
simpati sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Maidah : 2
|
1 x 4 jam
pelajaran
|
|
|
4.3
Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan
sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman
|
Memberikan contoh Qadha dan qodha
dalam kehidupan sehari hari
|
1 x 4 jam
pelajaran
|
|
|
4.4
Mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama
sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al Hujurat (49): 12
|
4.4.1 Menerapkansikapberbaiksangkakepadasesamesebagai
ImplementasidaripemahamanQ.S.
al-Hujurat/49:12.
|
1 x 4 jam
pelajaran
|
|
|
4.5
Mencontohkan perilaku hidup rukun sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 13
|
4.5.1
Melakukan contoh hidup rukun
4.5.2
Melakukan hidup rukun
|
|
|
|
3.2
Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
|
3.2.1 Menyebutkan makna asmaul husna as- samad, al-
muqtadir, al- Muqoddim, al-Baqi
3.2.2
Menjelaskan makna asmaul husna as-samad, al-Muktadir, al-Muqaddim, Al-baqi
3.2.3Memahami
sifat-sifat: as- samad,
al- muqtadir, al- Muqoddim, al-Baqi
|
4 x 4 jam pelajaran
|
|
|
3.3
Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat
membentuk perilaku akhlak mulia
|
3.3.1
mengetahui macam-macam hari akhir
3.3.2
menjelaskan macam macam hari akhir
|
2 x 4 jam pelajaran
|
|
|
3.4
Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang
dapat membentuk perilaku akhlak mulia
|
3.4.1.Memahami
makna Qadha’ dan Qadar
3.4.2.Mengetahui
contoh-contoh Qadha’ dan Qadar
3.4.3.Memahami
hikmah beriman kepada Qadha’ dan Qadar yang dapatmembentuk perilaku akhlak
mulia.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
|
|
3.5
Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai
implementasi dari rukun Islam
|
3.5.1.
Menuliskan hikmah
zakat sebagai implementasi dari rukun Islam
3.5.2.
Menyebutkan hikmah
zakat sebagai implementasi dari rukun Islam
3.5.3.
Menjalankan hikmah
zakat sebagai implementasi dari rukun Islam
|
1 x 4 jam pelajaran
|
|
|
3.6
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
4.6
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
|
3.6.1
Menyebutkan keteladanan nabi Yunus as
4.8.1 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus
a.s. dengan benar
4.8.2 Menerapkan keteladanan Nabi Yunus a.s
dengan baik
|
2 x 4 jam
pelajaran
|
|
|
3.7
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
4.7
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
|
3.7.1. Mengetahui kisah teladan Nabi Yunus a.s
3.7.2. Memahami
kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
4.7.1 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.dengan
benar
4.9.2 Menerapkan keteladanan Nabi Zakaria a.s
dengan baik
|
2 x 4 jam pelajaran
|
|
|
3.8
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
4.8
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
|
3.8.1
Mengetahui kisah teladan Nabi Zakaria a.s
3.8.2 Memahami
kisah keteladanan Nabi Zakaria a.s
4.8.1 Dapat menceritakan kisah
keteladanan Nabi Isa a.s singkat Nabi Isa as.
4.8
.2 Dapat menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
|
2 x 4 jam
pelajaran
|
|
|
3.9
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
4.9
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
|
3.9.1 Menjelaskan kisah keteladanan
Nabi Isa As
4.11.1 Dapat mengetahui
kisah
keteladanan Nabi Isa a.s singkat Nabi Isa as.
4.11.2 Dapat menceritakan
kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
|
2 x 4 jam
pelajaran
|
|
|
3.10
Mengetahui kisah Nabi Muhammad saw
4.10
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
|
3.10.1
menyebutkan kejujuran rasulullah saw
3.10.2
menjelaskan kasih sayang rasulullah saw
4.10.1
Menceritakan keteladanan Nabi Muhammad Saw
|
2 x 4 jam
pelajaran
|
|
|
3.11
Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi
Muhammad saw
4.11
Menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi
Muhammad saw
|
3.11.1 Memahami kisah keteladanan sahabat sahabat Nabi Muhammad SAW.
3.11.2 menyebutkan sifat-sifat keteladan sahabat-sahabat nabi
Muhammad SAW.
3.11 3.11.3 Menceriterakan kisah Keteladanan sahabat - sahabat Nabi Muhammad
SAW.
|
2 x 4 jam
pelajaran
|
|
|
3.12
Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi
sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
4.12
Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi
sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
|
|
2 x 4 jam
pelajaran
|
|
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda