Contoh RPP kelas 2 Semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN 011 Sangatta Utara
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : II ( Dua )/I ( Satu )
MateriPokok : Doa dan tatacara wudu
Alokasiwaktu : (4 JP )
A.
Kompetensi Inti
(KI)
KI-1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-3 Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
KI-4 Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
K.I 1
|
1.1
Terbiasa berwudhu sebelum shalat
|
|
K.I.2
|
2.8 Memiliki
perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari
pemahaman makna berwudhu
|
|
KI-4
|
4.7 Mempraktikkan
wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
|
4.7.1Memperaktekkan wudhu dengan tertib dan benar.
4.7.2Mempraktekkan doa wudhu dengan baik dan benar
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Pertemuan ke 2
Dalam KD 4.7 Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan
benar
MelaluiMetode Modelling The Way pesertadidikdiharapkandapat
:
a.Memperaktekkan wudhu dengan tertib dan benar.
b.Mempraktekkandoawudhudenganbaikdanbenar
D.
Materi
Pembelajaran
Praktik
Berwudu
Membaca
basmalah dan niat berwudu.
Bacaan
basmalah:
Artinya
Dengan
menyebut nama Allah yang MahaPengasihlagiMaha penyayang
1.
Bacaan niat wudu:
Artinya:
Aku berniat
wudu untuk menghilangkan hadaś kecil fardu
karena Allah taala.
2.
Mencucikeduatelapaktangansampaipergelangantangan,didahului
dengan tangan kanan sebanyak tiga kali.
3.
Berkumur-kumur
sebanyak tiga kali sambil membersihkan gigi.
4.
Membersihkan lubang
hidung sebanyak tiga kali.
5.
Membasuh muka sebanyak
tiga kali.
6.
Membasuh kedua tangan
sampai siku sebanyak tiga kali.Didahului tangan kanan lalu tangan kiri.
7.
Mengusap kepala dengan
tangan yang dibasahi.
8.
Mengusap telinga kanan
dan kiri.
9.
Membasuh kedua kaki
sampai mata kaki.Didahului kanan lalu kaki kiri.
10. Berdoa setelah wudu Bacaan doa setelah wudu
E.
MetodePembelajaran
Pendekatan scientific dengan;
Metode Modelling The Way
1.
Mempraktekkan gerakan wudhu
2.
Mempraktekkan doa wudhu
F.
Media, alat dan
sumber belajar
1.
Media
a.
Gambar / Poster
b.
Multi media interaktif/ CD
Interaktif/ video
2.
Alat
a.
Laptop
b.
LCD Proyektor
3.
Sumber Pembelajaran
a.
Hasyim, A. danJaelani, O.2013. Buku
Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kelas I. Jakarta: Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.
b.
Hasyim, A. danJaelani, O.2013. Buku
Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kelas I. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.
Abdurrahman, H.M. Masykuri. Dan Mokh. Syaiful Bakhri. 2006. Kupas Tuntas
Salat Tata Cara dan Hikmahnya. Jakarta: Erlangga.
d.
Rachman, M. Fauzi. 2007. Shalat for
Character Building. Bandung: PT Mizan Pustaka.
e.
Rahman, Deddy dan Kosim Kusnadi.
1999. Kaifiyat Sholat Nabi SAW. Bandung:
Majlis Ta’lim Ibadurrahman.
f.
Departemen Agama Republik Indonesia.
1995. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Karya Putra Semarang
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
TAHAP
|
KEGIATAN PBM
|
WAKTU
|
a. Pendahuluan
|
1) Guru mengucapkan salam dan menyapa peserta didik.
2) Peserta didik bersama guru berdoa untuk
memulai pelajaran.
3) Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat
duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4) Guru melakukan apersepsi dengan meminta peserta didik mengamati gambar
atau ilustrasi yang relevan.
5) Pesertadidikmemahamitujuanpembelajaran yang disampaikan guru
|
15 menit
|
b. Inti
|
Mengamati
·
Menyimak tatacara
wudu dan doanya secara klasikal atau individual
·
Mengamati gambar
contoh tatacara wudu dan doanya secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari
guru mengajukan pertanyaan tentang tatacara wudu dan doanya
·
Mengajukan
pertanyaan, misalnya Bagaimana caranya berwudu yang baik?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi
gambar contoh tatacara wudu dan doanyabaik secara klasikal maupun kelompok.
·
Mendiskusikan
tatacara wudu dan doanya baik secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
· Mengidentifikasi kegiatan tatacara wudu dan doanya
Komunikasi
·
Mempraktikkan/mensimulasikan
tatacara wudu dan doanya baik secara individual maupun perwakilan kelompok
dengan baik dan benar
·
Menanggapi hasil
peraktek (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
110 menit
|
C. Penutup
|
1) Guru bersama-sama peserta didik melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
2) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari
pada pertemuan berikutnya
3) Guru bersama-sama para peserta didik menutup
pelajaran dengan berdo’a
|
15 Menit
|
H.
Penilaian
Penilaian K.I 1
K.I 1 1.1
Terbiasa berwudhu sebelum shalat
|
||||||||||||||
Kelas 2 (Dua ) Semester 1 ( Satu )
|
||||||||||||||
No
|
Nama
|
|
||||||||||||
Membaca niat Wudhu
|
Membaca doa setelah wudhu Wudhu
|
Berwudhu sholat lima waktu
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
A. AIDIL ZAFITRAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
ADINDA NABILA SANJATA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
ADRI ANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
AGUNG JUNI ANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
AHMAD DIDAT AL WAJDY
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K.I 2. 2.8
2.8 Memiliki perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai
implementasi dari pemahaman makna berwudhu
|
|||||||||||||||||
Kelas 2 (Dua ) Semester 1 ( Satu )
|
|||||||||||||||||
No
|
Nama
|
|
|||||||||||||||
Mandi 2 Kali sehari
|
Membantu Membersihkan rumah
|
membuang sampah pada tempatnya
|
Berpakaian bersih dan rapi
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
A. AIDIL ZAFITRAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
ADINDA NABILA SANJATA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
ADRI ANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
AGUNG JUNI ANSYAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
AHMAD DIDAT AL WAJDY
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Tes kemampuan K.I 4
4.7.Mempraktikkan wudhu
dan doanya dengan tertib dan benar.
Indikator :
4.7.1 Memperaktekkan wudhu dengan tertib dan benar.
4.7.2Mempraktekkan doa wudhu dengan baik dan benar
· Kisi Kisi
Siswa diberi Tes kemampuan
psikomotorik dengan unjuk kerja/simulasi kegiatan bersucisiswa dapat
mempraktekkan dengan tertib dan benar
· Dalam kemampuan mempraktikkan wudu, aspek yang dinilai
meliputi, kaifiyah/tata cara, urutan, doa sesudah wudu.maka pemberian skor
nilainya adalah sebagai berikut:
No
|
Nama
|
Mencuci Tangan
|
Berjumur kumur
|
Mencuci hidung
|
Membasuh Muka
|
Membasuh tangan sampai siku
|
Membasuh Kepala
|
Membasuh Telinga
|
Membasuh kedua kaki
|
Berdoa sesudah wudhu
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
Nilai siswa
= (nilai perolehan : 36) x 10 atau 100
Catatan:
3=melakukan,cukupsempurna
2=melakukan,kurangsempurna
1=tidakbisa/kelirutotal
Penilaianuntukkegiatandiskusikelompokmenggunakanpolapenialaian sebagaimana
dicontohkan pada rubrik no 6 (penilaian) pada Pelajaran 1.
2.
Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran,bagi peserta
didik yang sudah menguasai
materi, diminta
mengerjakan materi pengayaan yang sudah
disiapkan.
Peserta didik
dapat diperlihatkan sebuah gambar yang
berkaitan dengan
Praktik wudu,kemudian diberi
kesempatan memberi tanggapan
dari gambar
tersebut.Guru
memberikan bimbingan dan penguatan materi.
2.
Remedial
Bagi peserta
didik yang belum menguasai materi,peserta didikmempraktikkankembalipraktikwudu.Selanjutnya
melakukan penilaian kembali(lihatpoin6).Pelaksanaan
remedial.Dilakukan pada
hari dan waktu tertentu yang
disesuaikan, misalnya 30 menit
Setelah jam
pulang..
3.
Interaksi Guru dan Orang tua
Guru meminta peserta
didik memperlihatkan rubrik“Insya Allah
Aku Bisa”Dalam buku teks kepada
orangtuanya dengan memberikan komentar dan paraf(halaman terakhir Pelajaran6).Dapat
juga dilakukan dengan menggunakanBuku penghubung guru dan orangtua atau
komunikasi langsung denganOrangtua untuk
mengamati praktik anak dalam kegaitan
berwudu ketika akanmelaksanakan¡alat.
Rubrik
|
|||||||
Pengamatan orang tua
|
|||||||
KD. 4.7 Mempraktekkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
|
|||||||
Indikator
|
|||||||
4.7.1 Memperaktekkan wudhu dengan
tertib dan benar.
|
|||||||
4.7.2Mempraktekkan doa wudhu dengan baik dan benar
|
|||||||
Nama
:
|
|||||||
Kelas
:
|
|||||||
No
|
Kegiatan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Catatan:
|
|
1
|
Mencuci tangan
|
|
|
|
|
Diconteng sesuai kemapuan anak
|
|
2
|
Berkumur
|
|
|
|
|
4= melakukan, sempurna
|
|
3
|
Mencuci hidung
|
|
|
|
|
3= melakukan, cukup sempurna
|
|
4
|
Membasuh muka
|
|
|
|
|
2= melakukan, kurang sempurna
|
|
5
|
Membasuhtangan
sampai siku
|
|
|
|
|
1= tidak bisa/keliru total
|
|
6
|
Membasuh kepala
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Membasuh telinga
|
|
|
|
|
Tertanda
|
|
8
|
Membasuh kedua kaki
|
|
|
|
|
Orang Tua siswa
|
|
9
|
Berdoa sesudah wudhu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
..........................
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
Jainul Arifin, S.Pd
Nip.19670227 200105 2001
|
Sangatta, 17 September 2014
Guru Pendidikan Agama Islam
Rusini, S.Pd.I
Nip.19720421 199603 2008
|
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda