Minggu, 10 April 2016

Contoh RPP PAI K.13 Kelas II Doa dan tata Cara Wudhu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah : SDN 011 Sangatta Utara Mata Pelajaran : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas/Semester : II ( Dua )/I ( Satu ) MateriPokok : Doa dan tata cara wudu Alokasi waktu : (4 JP ) A. Kompetensi Inti (KI) KI-1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru. KI-3 Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah. KI-4 Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia. B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi No. Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi K.I 1 1.1 Terbiasa berwudhu sebelum shalat K.I.2 2.8 Memiliki perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu KI-4 4.7 Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar 4.7.1Memperaktekkan wudhu dengan tertib dan benar. 4.7.2Mempraktekkan doa wudhu dengan baik dan benar C. Tujuan Pembelajaran 1. Pertemuan ke 2 Dalam KD 4.7 Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar Melalui Metode Modelling The Way peserta didik diharapkan dapat : a.Memperaktekkan wudhu dengan tertib dan benar. b.Mempraktekkan doa wudhu dengan baik dan benar D. Materi Pembelajaran Praktik Berwudu Membaca basmalah dan niat berwudu. Bacaan basmalah: Artinya Dengan menyebut nama Allah yang MahaPengasihlagiMaha penyayang 1. Bacaan niat wudu: Artinya: Aku berniat wudu untuk menghilangkan hadaś kecil fardu karena Allah taala. 2. Mencucikeduatelapaktangansampaipergelangantangan,didahului dengan tangan kanan sebanyak tiga kali. 3. Berkumur-kumur sebanyak tiga kali sambil membersihkan gigi. 4. Membersihkan lubang hidung sebanyak tiga kali. 5. Membasuh muka sebanyak tiga kali. 6. Membasuh kedua tangan sampai siku sebanyak tiga kali.Didahului tangan kanan lalu tangan kiri. 7. Mengusap kepala dengan tangan yang dibasahi. 8. Mengusap telinga kanan dan kiri. 9. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki.Didahului kanan lalu kaki kiri. 10. Berdoa setelah wudu Bacaan doa setelah wudu E. MetodePembelajaran Pendekatan scientific dengan; Metode Modelling The Way 1. Mempraktekkan gerakan wudhu 2. Mempraktekkan doa wudhu F. Media, alat dan sumber belajar 1. Media a. Gambar / Poster b. Multi media interaktif/ CD Interaktif/ video 2. Alat a. Laptop b. LCD Proyektor 3. Sumber Pembelajaran a. Hasyim, A. danJaelani, O.2013. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kelas I. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. b. Hasyim, A. danJaelani, O.2013. Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kelas I. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. c. Abdurrahman, H.M. Masykuri. Dan Mokh. Syaiful Bakhri. 2006. Kupas Tuntas Salat Tata Cara dan Hikmahnya. Jakarta: Erlangga. d. Rachman, M. Fauzi. 2007. Shalat for Character Building. Bandung: PT Mizan Pustaka. e. Rahman, Deddy dan Kosim Kusnadi. 1999. Kaifiyat Sholat Nabi SAW. Bandung: Majlis Ta’lim Ibadurrahman. f. Departemen Agama Republik Indonesia. 1995. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Karya Putra Semarang G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran TAHAP KEGIATAN PBM WAKTU a. Pendahuluan 1) Guru mengucapkan salam dan menyapa peserta didik. 2) Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran. 3) Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. 4) Guru melakukan apersepsi dengan meminta peserta didik mengamati gambar atau ilustrasi yang relevan. 5) Pesertadidikmemahamitujuanpembelajaran yang disampaikan guru 15 menit b. Inti Mengamati • Menyimak tatacara wudu dan doanya secara klasikal atau individual • Mengamati gambar contoh tatacara wudu dan doanya secara klasikal atau individual Menanya • Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tatacara wudu dan doanya • Mengajukan pertanyaan, misalnya Bagaimana caranya berwudu yang baik? Eksperimen/Explore • Mendiskusikan isi gambar contoh tatacara wudu dan doanyabaik secara klasikal maupun kelompok. • Mendiskusikan tatacara wudu dan doanya baik secara klasikal maupun kelompok. Asosiasi • Mengidentifikasi kegiatan tatacara wudu dan doanya Komunikasi • Mempraktikkan/mensimulasikan tatacara wudu dan doanya baik secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar • Menanggapi hasil peraktek (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah) • Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru 110 menit C. Penutup 1) Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. 2) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya 3) Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdo’a 15 Menit H. Penilaian Penilaian K.I 1 K.I 1 1.1 Terbiasa berwudhu sebelum shalat Kelas 2 (Dua ) Semester 1 ( Satu ) No Nama Membaca niat Wudhu Membaca doa setelah wudhu Wudhu Berwudhu sholat lima waktu 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 A. AIDIL ZAFITRAH 2 ADINDA NABILA SANJATA 3 ADRI ANSYAH 4 AGUNG JUNI ANSYAH 5 AHMAD DIDAT AL WAJDY K.I 2. 2.8 2.8 Memiliki perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu Kelas 2 (Dua ) Semester 1 ( Satu ) No Nama Mandi 2 Kali sehari Membantu Membersihkan rumah membuang sampah pada tempatnya Berpakaian bersih dan rapi 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 A. AIDIL ZAFITRAH 2 ADINDA NABILA SANJATA 3 ADRI ANSYAH 4 AGUNG JUNI ANSYAH 5 AHMAD DIDAT AL WAJDY 1. Tes kemampuan K.I 4 4.7. Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar. Indikator : 4.7.1 Memperaktekkan wudhu dengan tertib dan benar. 4.7.2Mempraktekkan doa wudhu dengan baik dan benar • Kisi Kisi Siswa diberi Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja/simulasi kegiatan bersucisiswa dapat mempraktekkan dengan tertib dan benar • Dalam kemampuan mempraktikkan wudu, aspek yang dinilai meliputi, kaifiyah/tata cara, urutan, doa sesudah wudu.maka pemberian skor nilainya adalah sebagai berikut: No Nama Mencuci Tangan Berjumur kumur Mencuci hidung Membasuh Muka Membasuh tangan sampai siku Membasuh Kepala Membasuh Telinga Membasuh kedua kaki Berdoa sesudah wudhu 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Nilai siswa = (nilai perolehan : 36) x 10 atau 100 Catatan: 4=melakukan,sempurna 3=melakukan,cukupsempurna 2=melakukan,kurang sempurna 1=tidakbisa/kelirutotal Penilaianuntukkegiatandiskusikelompokmenggunakanpolapenialaian sebagaimana dicontohkan pada rubrik no 6 (penilaian) pada Pelajaran 1. 2. Pengayaan Dalam kegiatan pembelajaran,bagi peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan. Peserta didik dapat diperlihatkan sebuah gambar yang berkaitan dengan Praktik wudu,kemudian diberi kesempatan memberi tanggapan dari gambar tersebut.Guru memberikan bimbingan dan penguatan materi. 2. Remedial Bagi peserta didik yang belum menguasai materi,peserta didik mempraktikkan kembali praktik wudu. Selanjutnya melakukan penilaian kembali(lihat poin 6).Pelaksanaan remedial.Dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit Setelah jam pulang.. 3. Interaksi Guru dan Orang tua Guru meminta peserta didik memperlihatkan rubrik“Insya Allah Aku Bisa”Dalam buku teks kepada orangtuanya dengan memberikan komentar dan paraf (halaman terakhir Pelajaran6).Dapat juga dilakukan dengan menggunakan Buku penghubung guru dan orangtua atau komunikasi langsung dengan Orangtua untuk mengamati praktik anak dalam kegaitan berwudu ketika akan melaksanakan¡alat. Rubrik Pengamatan orang tua KD. 4.7 Mempraktekkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar Indikator 4.7.1 Memperaktekkan wudhu dengan tertib dan benar. 4.7.2Mempraktekkan doa wudhu dengan baik dan benar Nama : Kelas : No Kegiatan 1 2 3 4 Catatan: 1 Mencuci tangan Diconteng sesuai kemapuan anak 2 Berkumur 4= melakukan, sempurna 3 Mencuci hidung 3= melakukan, cukup sempurna 4 Membasuh muka 2= melakukan, kurang sempurna 5 Membasuh tangan sampai siku 1= tidak bisa/keliru total 6 Membasuh kepala 7 Membasuh telinga Tertanda 8 Membasuh kedua kaki Orang Tua siswa 9 Berdoa sesudah wudhu .......................... Mengetahui Kepala Sekolah Jainul Arifin, S.Pd Nip.19670227 200105 2001 Sangatta, 17 September 2014 Guru Pendidikan Agama Islam Rusini, S.Pd.I Nip.19720421 199603 2008

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda